Tips tentang pemanasan rutin

Hai sobat, bagaimana kabarnya? semoga tetap sehat dan ceria. Kali ini saya akan berbagi tentang Tips pemanasan rutin. Ini gratis looooo. Selain itu kita bicarakan juga tentang fungsi dan manfaatnya yang sangat baik untuk diri kita. Ini adalah pengalaman pribadi. Jadi memang benar-benar nyata.

Percayalah sobat, jika anda melakukan pemanasan rutin setiap hari, kondisi badan anda akan terjaga, baik dari segi kesehatan, juga postur tubuh yang baik. Dilain sisi, pergerakan anda akan semakin lincah, bahkan bertambah lincah. Tidak malah sebaliknya, semakin bertambah umur, semakin lambat gerak kita. Ditambah lagi kelenturan tubuh anda juga akan terjaga, jangan lupa, tanpa anda sadari stamina anda akan berada di atas orang-orang seumuran anda yang jarang apalagi tidak pernah melakukan pemanasan rutin.

Ok, pemanasan rutin yang dimaksud itu apa sih. Ini dia, dia hanya sebuah latihan kecil yang sering dilakukan setiap pagi, utamanya sebelum mandi dan hanya menghabiskan waktu 10 sampai 25 menit, bisa kurang atau lebih terserah anda.
Yang saya lakukan biasanya dalam rangkain pemanasan itu hanya berupa lari-lari kecil, pergerakan ringan tangan, scotjump, push up, dan gerakan-gerakan untuk memperkuat otot perut serta kaki. Dan itu saya lakukan antara 10 sampai 20 menit setiap pagi setiap hari.

Hasilnya menurut saya sangat luar biasa sobat. Sebelum saya sering melakukan pemanasan rutin, saya hanya bisa bermain futsal sekitar 35 menit, tetapi setelah sering melakukan pemanasan rutin, saya bisa bertahan sampai 50 menitan. Selain itu, saya merasa pergerakan kaki saya jauh lebih enteng (bisa jadi imbas dari rutinitas memperkuat otot kaki), untuk mengolah bola jauh lebih mudah dan tidak berat. Untuk masalah lari, jangan ditanya kawan dan apalagi tentang tendangannya, serasa lebih cepat dan berisi... ckckc. 

Dan karena saya sudah sering melakukan pemanasan rutin, setelah main futsal, saya tidak merasa begitu lelah sekali. Maksudnya, nafas tidak terlalu tersengal-sengal, atau bahkan sampai kepala terasa berkunang-kunang. Hal itu sudah jarang saya temui sekarang.

Dan pernah saya tinggalkan kebiasaan pemanasan rutin ini, mungkin sekitar sebulan bahkan hampir dua bulan, karena kesibukan. Pertama kalinya saya bermain futsal lagi, saya hanya kuat 15 menit. Cerobohnya saya tidak melakukan pemanasan sama sekali. Langsung main hajar saja tu bolanya. Lari kesana-kesini. tahu-tahu di menit kesepuluh, nafas sudah agak susah dikendalikan. akhirnya menyerah di menit 15. Setelah keluar lapangan, rasanya kayak orang meriang. Bahkan sampai muntah-muntah, dan badan langsung ga enak. Setelah itu saya kapok untuk tidak melakukan pemanasan sebelum berolah raga.

Perubahanya sangat jauh kawan. Ketika saya merutinkan pemanasan ringan di pagi hari. Kualitas permainan bola saya semakin bagus dan bahkan saya sampai jadi top scorres di liga futsal yang diadakan di Asrama saya.

Saya katakan, pemanasannya cukup 10 sampai 25 menit saja kawan. Dan jangan di porsir, ringan saja; lari-lari kecil, dilanjutkan push up 4 kali, scotjump 4 kali, sit up 4 kali, lalu lari-lari kecil lagi, istirahat bentar, lalu push up 6 kali, scotjump 6 kali, sit up 6 kali lalu lari-lari kecil lagi, istirahat bentar, push up 8 kali, scotjump 8 kali, sit up 8 kali, lalu lari-lari kecil lagi, istirahat bentar dilanjut latihan otot kaki sebentar dan selesai. Itu saja.

Tubuh bugar, lebih lentur, kuat, postur terjaga, terutama bagian perut dan stamina bahkan semakin baik walaupun tanpa minuman peningkat stamina.

Ok kawan, semoga bermanfaat.
By Fikri

No comments:

Post a Comment