Tips tentang Vitamin C & kegunaanya untuk tubuh

Kali ini tips yang ingin saya bagikan adalah tentang pentingnya Vitamin C. Ada banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu vitamin tersebut adalah vitamin C. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin C adalah untuk tiap diet seimbang yang mencakup makanan seperti paprika hijau, buah jeruk, stroberi, sayuran hijau, ikan, kentang, brokoli, susu, dan tomat. Lihatlah label pada makanan Anda. Vitamin C kadang-kadang juga disebut asam askorbat. 

Jika Anda khawatir bahwa Anda tidak bisa mendapatkan cukup vitamin C alami dalam makanan Anda, berbicaralah dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan suplemen vitamin C setiap hari untuk membantu Anda mempertahankan kadar yang tepat untuk vitamin C dalam tubuh Anda.

Vitamin C adalah salah satu dari 13 vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa vitamin ada yang larut dalam lemak, yang berarti bahwa tubuh kita dapat menyimpan mereka untuk digunakan. Namun, vitamin C adalah salah satu vitamin dalam tubuh yang tidak larut dalam lemak. Oleh karena itu, tubuh tidak dapat menyimpannya dan itu harus dikonsumsi setiap hari. Berapa banyak vitamin C yang harus ada dalam tubuh, itu tergantung pada usia, jenis kelamin, berat, gaya hidup, dan apakah anda hamil atau tidak.

Apa yang vitamin C lakukan untuk tubuh kita? Pada dasarnya, vitamin C merupakan antioksidan, yang berarti bisa melakukan pertempuran terhadap 'musuh-musuh' dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan organ, jaringan, dan sel rusak. Oleh karena itu, vitamin C melindungi tubuh dan dapat secara khusus dikaitkan dengan mengurangi tanda-tanda penuaan. Jika Anda tidak memiliki vitamin C cukup dalam tubuh Anda, Anda akan menngalami kudis. Dilain sisi dapat menyebabkan anemia, penyakit gusi, perdarahan kulit, dan kelemahan.

Ketika Anda mulai mengambil suplemen vitamin C, pastikan bahwa Anda mengikuti rekomendasi dokter Anda. Jika Anda ambil untuk vitamin C dalam jumlah banyak, Anda bisa overdosis. Jika tidak dengan dosis yang tepat atau berlebihan, buruknya adalah bisa menyebabkan batu ginjal dan mengganggu penyerapan vitamin B12, menyebabkan anemia. Diare juga merupakan efek samping. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mendengarkan rekomendasi dokter Anda.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan otomatis mendapatkan vitamin C cukup dalam makanan Anda, terutama jika Anda makan makanan yang sehat. Jika dokter Anda memberitahu Anda untuk mulai mengambil vitamin C suplemen, perhatikan dengan teliti pada label merek yang berbeda sebelum Anda membeli sesuatu. Karena suplemen vitamin diklasifikasikan sebagai makanan dan bukan obat, mereka tidak diatur oleh pemerintah dan potensi setiap merek akan berbeda sedikit dari sebelumnya.
Oleh Fikri

No comments:

Post a Comment