Tips untuk tidur berkualitas

Meski tidak ada angka ajaib yang direkomendasikan para ahli untuk jam tidur yang tepat, namun orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam setiap hari. Hal ini pun tidak mutlak, karena ternyata kualitas tidur lebih bermakna dibanding lamanya tidur. Maka, tips agar tidur menjadi berkualitas adalah hal yang sangat penting.

Berbagai penelitian telah menunjukkan pentingnya tidur untuk menunjang kesehatan. Kekurangan waktu tidur diketahui menyebabkan kegemukan, risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung, meningkatkan gangguan mental, seperti depresi, serta berkurangnya konsentrasi. Intinya gampang, anda harus punya persiapan agar tidur anda berkualitas. Segala sesuatu perlu persiapan bung.

Dan yang paling menentukan adalah bagaimana pikiran anda saat anda akan tidur. Tidur yang berkualitas lebih cenderung dipengaruhi keadaan pikiran anda yang kemudian terbawa baik pada waktu akan tidur, saat tidur dan bangun tidur.

Sebagian besar orang yang tidak bisa tidur berkualitas atau susah untuk tidur dikarenakan banyak hal yang dia pikirkan. Bahkan terhadap hal yang semestinya tidak perlu dia pikirkan.

Kadang angan-angan kita terlalu panjang yang sebenarnya itu mustahil untuk kita capai. Hidup itu simple. Pikirkan apa yang bisa kau lakukan sekarang. Waktunya tidur gunakanlah untuk tidur. Hal-hal yang akan terjadi besok, jika kita masih diberikan kehidupan, ya lakukanlah besok.

Besok saya dapat uang ga ya? besok saya dimarahin guru ga ya? Tugas saya besok gimana y? perkerjaan saya gimana y? rapat dengan bos nanti gimana y?. Jangan terlalu kita ambil pusing. Siapa juga yang menjamin kita masih bisa ketemu esok? serahkan semuanya pada sang pencipta. Karena esok itu hal yang sifatnya masih gaib. Percayalah!!!

Jika memang ada yang harus anda selesaikan malam ini dan itu mengganggu pikiran anda, selesaikanlah. Jangan anda tidur dengan membawa banyak masalah. Jika anda tidak bisa menyelesaikannya dan hanya bisa anda selesaikan esok, ya sudah, apa susahnya anda istirahat sejenak sambil menunggu esok datang.

Ada pepatah yang bagus buat anda. Jika anda sedang gelisah atau khawatir dan dengan melakukan sesuatu kegelisahan atau kekhawatiran itu hilang, maka lakukan sesuatu itu. Namun jika anda tidak bisa melakukan sesuatu apapun untuk menghilangkan kegelisahan atau kekhawatiran itu, ya anda tidak usah khawatir. Toh anda tidak bisa melakukan apapun. Dengan gelisah anda malah semakin susah.

Buatlah diri anda relaks sebelum tidur, berpikir jernihlah, dalam hati anda cobalah untuk memaafkan semua orang yang berbuat salah kepada anda dan berharaplah anda juga dimaafkan atas semua kesalahan anda pada semua orang yang anda kenal. Doakanlah semua orang yang anda kenal, utamanya orang-orang terdekat anda agar mereka mendapat kebaikan mala mini. Andapun berharap semoga mereka mendoakan yang sebaliknya pada anda.

Kenapa ini dilakukan, karena masalah yang muncul pada seseorang, sebagian besar akibat dari interaksi dengan orang lain. Dengan kita banya memberi, mendoakan dan melindungi pasti dan percayalah begitu juga apa yang akan anda dapatkan selanjutnya. Pemberian, doa dan perlindungan akan semakin membuat anda nyaman sebelum anda melangkah tidur menuju tidur yang berkualitas.

Tambahan khusus untuk muslim, karena saya muslim. Biasanya saya awali dengan berwudhu, karena tambah seger, setelah itu baca surat-surat kecil kemudian lakukan tips diatas dan diakhiri doa tidur. MANTAPS.

Satu lagi, jika memang anda benar-benar susah untuk tidur, saran saya anda tidak usah berpikir tidur.

Beraktifitaslah sebagaimana apa yang anda mau. Jangan dipaksakan. Mengalir saja. Sampai saat anda benar-benat tidak sadar, ketika anda duduk atau merebah di kasur, tanpa anda sadari anda tertidur. Dan anda akan merasakan tidur yang sangat nyenyak dan anda butuhkan selama ini. Bukan mati loh maksud saya. Tapi tidur beneran.

Ok, sekian tips dari saya sobat.

Thanks, semoga bermanfaat.

By Fikri

No comments:

Post a Comment